Moslem

Kenapa ya??

Posted on

Ada satu artikel menarik yang dicuplik dari http://mtks.kotasantri.com. Mudah-mudahan bermanfaat.

Menunda Nikah; Sebab dan Solusinya

Menikah merupakan sunnah (jalan hidup) para nabi dan rasul ‘alaihimus salam sebagaimana difirmankan Allah Subhannahu wa Ta’ala, “Dan sesungguhnya Kami telah mengutus beberapa rasul sebelum kamu dan Kami memberikan kepada mereka istri-istri dan keturunan.” (QS. Ar-Ra’d : 38).

Menikah juga merupakan nikmat Allah kepada hamba-hambaNya yang dengannya akan diperoleh maslahat dunia dan akhirat, pribadi dan masyarakat, sehingga Allah menjadikannya sebagai salah satu tuntutan syara’. Allah Subhannahu wa Ta’ala berfirman, “Dan kawinkanlah orang-orang yang sendirian di antara kamu, dan orang-orang yang patut (kawin) dari hamba-hamba sahayamu yang perempuan.” (QS. 24 : 32).

Menunda nikah kalau kita perhatikan, kini telah menjadi sebuah fenomena di masyarakat yang cukup menarik perhatian berbagai kalangan. Penundaan tersebut memiliki beberapa sebab, di antaranya ada yang berkaitan dengan keluarga dan masyarakat, ada pula yang terkait langsung dengan para pemuda dan pemudi sendiri.

Di bawah ini di antara sebab-sebab yang menjadikan para pemuda dan pemudi menunda nikah :

1. Lemahnya Pemahaman Syar’i Tentang Nikah. Seseorang jika tahu bahwa sesuatu itu adalah ibadah, maka segala apa yang dihadapinya akan tampak lebih ringan. Halangan dan rintangan yang ada, meskipun berat, akan dihadapi dengan lapang dada dan penuh kesabaran, sehingga urusan menjadi terasa lebih mudah. Di dalam nikah, terdapat beberapa bentuk ibadah, di antaranya : Untuk menjaga para pemuda dan pemudi dari perbuatan negatif dan dosa, serta untuk melahirkan generasi pilihan yang siap beribadah kepada Allah, mendirikan shalat, berpuasa, dan berjuang di jalanNya.

2. Biaya yang Berlebihan. Angka rupiah yang melambung tinggi untuk biaya nikah terkadang menjadi momok tersendiri bagi para pemuda, sehingga hal itu menjadi beban bagi diri dan keluarganya. Masalah ini biasanya lebih dikarenakan alasan adat, ikut-ikutan, gengsi, atau mengikuti trend. Ini semua menyalahi ajaran Nabi Shallallaahu alaihi wa Salam dan merupakan penghalang bagi pemuda-pemudi untuk menikah.

3. Terikat dengan Studi. Sebagian pemuda ada yang tidak memikirkan nikah sama sekali, kecuali setelah selesai studinya. Bahkan hingga tingkat pasca sarjana atau doktoral di luar negeri, hingga bertahun-tahun. Demikian pula dengan para pemudinya yang kuliah untuk dapat mengejar jenjang akademisnya, hingga mengabaikan masalah pernikahan. Baca entri selengkapnya »

Iklan

Hikmah Jum’at

Posted on Updated on

Tujuh indokator kebahagiaan dunia, diantaranya:

  1. Qalbun syakirun atau hati yang selalu bersyukur.
  2. Al azwaju shalihah, yaitu pasangan hidup yang sholeh.
  3. Al auladun abrar, yaitu anak yang soleh.
  4. Albiatu sholihah, yaitu lingkungan yang kondusif untuk iman kita.
  5. Al malul halal, atau harta yang halal.
  6. Tafakuh fi dien, atau semangat untuk memahami agama.
  7. Umur yang baroqah.

Untuk lebih lengkapnya bisa dibaca artikel dibawah ini seperti yang dikutip dari kebunhikmah.com.

Ibnu Abbas ra. adalah salah seorang sahabat Nabi SAW yang sangat telaten dalam menjaga dan melayani Rasulullah SAW, dimana ia pernah secara khusus didoakan Rasulullah SAW, selain itu pada usia 9 tahun Ibnu Abbas telah hafal Al-Quran dan telah menjadi imam di mesjid. Suatu hari ia ditanya oleh para Tabi’in (generasi sesudah wafatnya Rasulullah SAW) mengenai apa yang dimaksud dengan kebahagiaan dunia. Jawab Ibnu Abbas ada 7 (tujuh) indikator kebahagiaan dunia, yaitu :

Pertama, Qalbun syakirun atau hati yang selalu bersyukur.

Memiliki jiwa syukur berarti selalu menerima apa adanya (qona’ah), sehingga tidak ada ambisi yang berlebihan, tidak ada stress, inilah nikmat bagi hati yang selalu bersyukur. Seorang yang pandai bersyukur sangatlah cerdas memahami sifat-sifat Allah SWT, sehingga apapun yang diberikan Allah ia malah terpesona dengan pemberian dan keputusan Allah. Bila sedang kesulitan maka ia segera ingat sabda Rasulullah SAW yaitu : “Kalau kita sedang sulit perhatikanlah orang yang lebih sulit dari kita”. Bila sedang diberi kemudahan, ia bersyukur dengan memperbanyak amal ibadahnya, kemudian Allah pun akan mengujinya dengan kemudahan yang lebih besar lagi. Bila ia tetap “bandel” dengan terus bersyukur maka Allah akan mengujinya lagi dengan kemudahan yang lebih besar lagi. Maka berbahagialah orang yang pandai bersyukur! Baca entri selengkapnya »

Menguak Cerita yang Terpendam

Posted on Updated on

Hari ini giliran my.opera.com yang tak oprek2. 😆 gak ada kerjaan banget sih. Gak tau yah, kok sekarang lagi pengen sesuatu yang lama diperbarui. Maksudnya hal-hal yang lama, diungkit kembali, biar gak lupa. Nah make Opera buat ngeblog lumayan juga. Tampilannya keren, cuman doi kayaknya emang khusus pengguna komunitas opera. Sama kayak komunitas multiply, kalo mo kasih comment kudu login dulu atau jadi member dulu. haduhhh cape deh. Kesannya komunitas ini exclusive getu deh.

Rencananya di myopera tak khususin buat blog yang bisa dikirim lewat MMS. Karena disitu udah mendukung fitur berkirim blog lewat MMS. Sama juga dengan Blogger.com yang didukung penuh oleh pabrikan Sony Ericsson, yang langsung bisa kirim foto di ponsel via “send to blog”. Cuman tiap kali kirim MMS/Email lewat operator IM3, lamaaaa banget, kadang gagal. Tapi kalo pake Telkomsel, lancar2 ajah. *Attention please!!! Ini bukan promosi ya. Kenyataan pas tes drive emang begitu 😆 *

Sebenarnya bisa juga kirim blog/foto dari ponsel via Trutap. Sebuah mobile instant messaging, yang tersedia untuk mobile java maupun symbian. Trutap support untuk blogger, facebook, livejournal, friendster, flickr dll. Tapi untuk wordpress sepertinya belum support. Karena beberapa kali tak coba, tak pernah berhasil. Disini kita juga bisa chat di beberapa account seperti, YM, AOL, ICQ dll.

Ngomong2 komunitas jejaring lewat ponsel, jadi inget ama morange.com. Membernya kebanyakan ABG sih, mirip2 mig33. Secara gue kan juga bisa dibilang masih ABG 😛 , jadi sah-sah aja kan kalo ikutan gaul. Di morange, fitur2nya lebih keren dari pada mig33. Jadi yang merasa masih ABG juga, bisa ikutan gabung.

Ada lagi micro blogging yang sampe saat ini kadang aktif, kadang lupa. Yaitu plurk.com. Tampilannya juga lebih canggih daripada ny twitter atau my kronologger. Kalau micro blogging sih emang jarang2 aktif. Abis posting, udah, tak tinggal. Ntar kadang lupa balas comment temen2 😆 .

Jadi kembali ke inti masalah. Emang masalahe apa yah?? *amnesia ringan, ringan banget*. Semua jejaring atau komunitas online sebenarnya baik, kalau kita emang berniatan baik. Di balik situs-situs jejaring itu, banyak sekali ilmu yang bisa didapat. Dan harusnya ilmu itu yang baik-baik. Selain itu, juga bisa menambah tingkat sosialisasi kita dengan sesama manusia. Hablumminannaas. Dan alhamdulillah ini semua ternyata sesuai dengan do’a yang terharap setiap usai shalat. “Ya Allah, berilah kami ilmu yang bermanfaat bagi dunia dan akhirat.”

Kadang tanpa sadar kita tak mengetahui bahwa do’a kita terkabul. Ada juga do’a yang menurut kita harus dikabulkan karena itu baik bagi kita, tapi menurut Allah belum tentu. Ada juga do’a yang akan dikabulkan. Namun hingga kapan terkabul, kita tak akan pernah tau. Sebuah misteri. Jadi tetaplah berdo’a. Percaya akan kekuatan do’a. Keep fighting bro.

Ok segitu dulu bahasan tentang beberapa komintas yang akuh ikutin. Masih banyak yang lain. Insya Allah lain waktu aku sambung lagi.

Masih Ada Yang Tersisa

Posted on Updated on

Malam belum begitu larut. Tarawih pun baru juga usai. Namun sudut-sudut jalanan sudah ramai penuh sesak oleh orang2 yang berbelanja buat hari raya, sekedar makan2, atau sekedar nongkrong. Sepertinya pada ribet mikirin urusan sendiri-sendiri 😆 .

Ramadhan sepertinya juga menjadi berkah bagi para pedagang pakaian maupun makanan. Tiap warung atau toko, adaaa aja pembelinya. Apalagi penjual pakaian muslim. Bisa dipastikan penuh sesak, full booked. Yang jual aja sampe gak keliatan.

Tak terasa juga puasa udah nyampe di hari yang ke-22. Lebaran pun menyisakan beberapa hari lagi. Semalam ada satu kerabat yang harus berhenti hingga disini. Tak akan bisa menemui hari penuh kemenangan itu. Semoga amal ibadah beliau diterima, dan semoga beliau mendapat tempat yang baik di sisi Allah Azza Wajalla.

Dan mudah-mudahan ini bukan puasa dan hari raya terakhir bagi kita. Semoga kita diberi kesempatan lebih lama untuk menatap orang-orang terkasih. Masih ada kesempatan tuk kembali mencuci segala kekotoran yang melekat. Semangat!!!

And one more thing… sepertinya semalam aku mengalami dejavu. Hmmmm the sweetest thing that I ever met.

Cinta Yatim Dengan Zakat

Posted on

Pernah mengenal YP3IS? Bagi yang belum mengenal, YP3IS adalah singkatan dari Yayasan Pembinaan dan Pengembangan Panti Asuhan Islam dan Anak Purna Asuh. Sehubungan belum onlinenya website resmi dari YP3IS, disini saya coba uraikan beberapa program di bulan Ramadhan yang diadakan oleh YP3IS. Mudah-mudahan ada manfaat bagi calon-calon donatur yang ingin berbagi kebahagiaan di bulan yang penuh rahmat ini, maupun bagi pengurus2 panti asuhan yang ingin bekerja sama dengan YP3IS. Mudah-mudahan infonya belum terlambat.

Ada 12 Mutiara Program Persembahan YP3IS di Bulan Ramadhan 1429H, diantaranya:

1. PAWAI YATIM “GEIMBIRA MENYAMBUT RAMADHAN”

2. CINTA YATIM DENGAN KUPON INFAQ BUKA PUASA

Dengan hanya Rp. 10.000, Anda sudah dapat pahala berlipat. Bersedekah dan memberi buka anak yatim berpuasa. Semakin banyak Anda mengambil kupon infaq buka puasa, semakin banyak pula anak yatim yang dapat berbuka puasa.

3. BUKA PUASA DAN SAHUR BERSAMA YATIM

Berbuka puasa sambil belajar. Acara:

  1. Pildacil Yatim
  2. Lomba hafalan surat pendek
  3. Lomba hafalan do’a-do’a
  4. Cerdas cermat yatim
  5. Do’a bersama yatim

4. ANANDA CINTA YATIM DI BULAN RAMADHAN

Program YP3IS di bulan Ramadhan 1429H khusus untuk putra-putri donatur yang ingin merasakan suasana buka dan sahur bareng yatim. Program ini ditujukan untuk memberikan edukasi kepada anak-anak donatur untuk mengasah kecerdasan sosialnya.

Putra-putri kita pengen ikutan peduli terhadap yatim? Ajak mereka merasakan langsung suasana buka dan sahur bersama si yatim. Caranya? Salurkan infaq Anda kepada YP3IS dan dapatkan layanannya.

5. TADARUS ALQUR’AN 10.000 YATIM

Program ini bertujuan untuk pengadaan Al Qur’an dan Terjemahnya untuk tadarus di panti-panti asuhan Islam. Cukup memberikan Rp. 40.000, donatur sudah turut serta menyediakan Al-Qur’an untuk anak-anak yatim, karena di panti-panti asuhan Islam minim sekali Al Qur’an dan terjemahnya.

6. PENGAJIAN PENCERAHAN HATI & RAMADHAN GATHERING FOR DONATORS

Ikuti kajian Hikmah Ramadhan dan buka puasa dengan koordinator atau donatur yatim. Bertujuan untuk silaturrahim dan sosialisasi program-program Ramadhan. Info hubungan YP3IS terdekat.

7. LAYANAN DO’A UNTUK DONATUR DARI ANAK YATIM

Program ini bertujuan memberikan kesempatan kepada donatur untuk mendapatkan layanan doa khusus di bulan Ramadhan dari anak-anak yatim. Permohonan do’a bisa melalui petugas ZIS CONSULTANT YP3IS ataupun layanan telepon 24 jam. Pelakasanaan doa dilakukan saat anak-anak yatim makan sahur dan berbuka.

Doa anak yatim miskin terbukti mustajabah. Bulan Ramadhan bulan pelebur dosa. Mari berdoa bersama mereka. Meminta ampunan Allah Yang Maha Kuasa.

8. CINTA YATIM DENGAN ZAKAT

Adalah program edukasi untuk masyarakat, agar memiliki pemahaman dan kesadaran untuk memberikan alokasi zakatnya untuk kemandirian yatim. Allah dan Rasul-Nya menjamin harta tidak akan berkurang karena zakat. Melainkan justru semakin bertambah.

9. LAYANAN CERAMAH, KONSULTASI ZIS, DAN AMBIL ZAKAT CEPAT

Ingin tambahan siraman rohani di bulan nan suci? Tak tahu caranya menghitung zakat? Atau mau zakat tapi tak sempat? Nikmati layanan ceramah, edukasi ZIS, dan ambil zakat cepat YP3IS selama Ramadhan.

Ilmu adalah cahaya. Pendarkan cahaya ilmu pada bulan Ramadhan di lingkungan Anda. Tak perlu khawatir tentang nara sumber, YP3IS melayani permintaan donatur untuk layanan ceramah. Segera hubungi YP3IS, nara sumber berkualitas siap mendampingi ibadah puasa Anda selama bulan Ramadhan.

10. UANG SAKU YATIM UNTUK HARI KEMENANGAN

Program ini bertujuan agar di hari kemenangan (lebaran) nanti, anak yatim khususnya yang punya OTA (Orang Tua Asuh) tidak sedih lagi, karena memiliki uang saku lebaran.

Sempurnakan Ramadhan Anda dengan berbagi dan peduli kepada yatim miskin di hari yang fitri. Wujudkan lebaran ceria si yatim dengan memberikan uang saku untuk mereka.

11. COUNTER ZAKAT CINTA YATIM DI MALL-MALL

Jalan-jalan ke Mall sambil beribadah? Mana bisa??.. BISA. Kunjungi aja gerai Zakat Yatim di Mall-mall terdekat.

12. WAKAF TUNAI UNTK SEKOLAH GRATIS ANAK YATIM DAN PANTI ASUHAN

Program ini diperuntukkan kepada donatur yang ingin memanfaatkan momentum Ramadhan untuk beramal waqaf untuk sekolah yatim gratis dan panti asuhan.

Anda akan dapat pahala terus tak putus-putus meski telah meninggal dunia. Syaratnya hanya satu…. Wakaf tunai untuk sekolah gratis yatim. Manfaatkan momentum Ramadhan untuk beramal jariyah, dengan wakaf tunai yang akan diwujudkan menjadi sekolah gratis untuk anak-anak yatim tidak mampu dan untuk panti-panti asuhan Islam.

INFO YP3IS:

  • Surabaya: 031-70986844, 081-7302777
  • Sidoarjo: 031-70490045
  • Gresik: 031-70779727
  • Malang: 0341-7390444
  • Kediri: 0354-7073644
  • Jember: 0331-322881
  • Tuban: 0356-323912
  • Pasuruan: 0343-422051

Untuk info lebih lanjut tentang program-program lainnya, seperti Infaq bulanan sekaligus mendapat majalah Yatim, Bantuan Dana Pendidikan Yatim, Orang Tua Asuh Yatim dan lain-lain, bisa menghubungi langsung ke YP3IS terdekat.

Nabi Bersedekah Hingga Akhir Hayatnya:
Dari Aisyah RA yang berkata,” Ketika Rasulullah SAW sedang sakit, aku memegang sekitar tujuh dinar milik beliau. Lalu, beliau menyuruhku untuk menyedekahkan uang itu. Akan tetapi, karena sibuk mengurusi sakit beliau, aku belum sempat menyedekahkan uang itu. Kemudian, beliau bertanya kepadaku, “Apa yang telah engkau lakukan dengan tujuh dinar itu?” Aku menjawab, “Belum sempat aku sedekahkan, wahai Rasul Allah. Sungguh sakitmu telah menyibukkanku.” Maka, beliau menyuruhku untuk mengambil uang itu. Lalu, beliau meletakkan di telapak tangannya seraya bersabda: “Nabi Allah tidak suka sekiranya dia menjumpai Allah, dia masih memiliki uang yang belum disedekahkan.”
Rasulullah SAW bersabda, “Saya dan orang yang mengasuh anak yatim seperti ini (sembari beliau menunjukkan jari telunjuk dan jari tengahnya, yang menunjukkan kedekatan antara Rasulullah SAW dan pengasuh anak yatim kelak).”

PS: Semoga tak ada lagi jatuh korban dalam pembagian Zakat.

Diantara Hati dan Otak

Posted on Updated on

Dalam satu masa terkadang banyak sekali berkecamuk dalam pikiran ini. Berganti-berganti saling mengisi, keluar masuk dalam rongga-rongga otak yang kadang tak terbayangkan sebelumnya. So, otak gue ternyata isinya macem2. Tiap hari, mungkin tiap waktu selalu terbersit kata2….

  • Dia
  • Keluarga
  • Harta
  • Wanita
  • Kematian
  • ……

Entahlah, yang mana yang paling banyak menggerus otak ini.

Harta, tiap hari bergelimang cari harta demi sesuatu.

Wanita… Wanita yang mana? Siapa? Dimana? Dijalan? Entahlah. (selaluu aja wanita *mengeluh* 🙂 — ampunilah dosaku ya Allah).

Kematian… Ternyata memang kematianlah yang paling dekat dengan kita. Selalu mengikuti kemana kita pergi dan berada. Tak pernah disangka-sangka kapan akan menghampiri. Udah tau gitu, kadang masih sempet atau emang sengaja bikin dosa. Mungkin bisa dibayangkan, disuatu saat kita bersendau gurau, tertawa dalam canda di kehangatan mentari, atau menikmati hidangan dengan aroma yang bikin terlena, namun tiba-tiba tak lama kemudian semua itu lenyap. Tak ada lagi tawa yang menemani, tak ada lagi hidangan dengan minuman yang menyegarkan. Tak ada lagi langit yang biru. Tak ada lagi angin yang menerpa wajah. Tak ada lagi orang tersayang yang memanggil dalam senyum. Tak ada lagi…. Yang ada mungkin dan mungkin hanya kesendirian dalam kegelapan dan kesempitan. Dan tak tau apa yang akan terjadi. Mudah-mudahan kita dijauhkan dari kegelapan dan kesempitan itu. Mudah-mudahan belum terlambat untuk memperbaiki.

Kemarin tanggal 10 yah. Bertepatan dengan lewatnya 10 Ramadhan yang awal. Mudah-mudahan kita disampaikan hingga akhir perjuangan nanti dengan mendapat kemenangan yang hakiki.

Allahummahauwin ‘alaina fii syakharatil mautz, wannajaata minannaar, wal’afwa ‘indzalhisab.

Asyahadu’allaailaahaillallah astaghfirullah nas’aluka ridloka waljannah wana’uduzubika minsyakhotikawannar.

oh iya ada sesuatu, mudah2an ada manfaat: Baca entri selengkapnya »

Untuk Maaf Yang Tertunda

Posted on

Mungkin tak semestinya tulisan itu terukir

Mungkin tak seharusnya bisikan itu tertuang

Mungkin tak sejujurnya perasaan itu terungkap

Mungkin tak ada yang pantas terlahir dari hati yang semakin kelam

Selain maaf………

—————————

Inspired from Seharusnya by Ada Band.

Semoga kita diberi usia yang barokah hingga dapat melewati bulan Ramadhan yang sebentar lagi akan datang. Dan selamat menunaikan ibadah puasa Ramadhan bagi yang menunaikan.Maaf maaaf maaf ya…

( Haduhhhh jadi pengen cepet2 Ramadhan, biar bisa bareng2 berbuka bersama. Masih lama yaaaak? 🙂 )