Bila Tak Mungkin Lari Dari Masa Lalu

Posted on Updated on

Masa lalu mungkin bagi sebagian manusia adalah sekedar cerita novel yang gak menarik, dibuang dan kemudian tak diingat lagi. Mungkin bagi sebagian manusia lain, masa lalu ibarat wajah indah nan menarik. Dia akan selalu ingin menikmati hingga kapan pun. Seperih dan seindah apapun masa lalu, tetap aja masa lalu adalah sebuah keindahan yang cantik dan selalu bikin kangen.

Namun yang jadi masalah, saat masa lalu menjadi sebuah obsesi dan telah merasuk ke sendi-sendi tubuh. Mencengkeram, bikin sakau seperti orang yang ketagihan. Sekedar melepas untuk sesaat saja susah. Apalagi melarikan diri dari masa lalu.

Nah ada beberapa tips yang canggih (πŸ˜† ) untuk Escap From The Past.

  1. Jadikan masa lalu sebagai sahabat yang setia, pasti masa lalu akan terasa menyenangkan hingga kita gak perlu lagi susah-susah tuk melarikan diri dari masa lalu.
  2. Jadikan masa lalu sebagai makanan sehari-hari. Jadi kebutuhan. Kalau udah jadi kebutuhan, insya Allah sepahit apapun masa lalu, kita kan enggan tuk melepas dan mencampakkan. Karena kita akan selalu mengasihi masa lalu.
  3. Jangan bikin masa lalu GR (gede Rasa broπŸ˜† ). Usahkan kita agak jual mahal ke masa lalu. Biarkan masa lalu yang mikirin kita. Kita jangan terlalu mikirin masa lalu. Biarkan masa lalu berlalu apa adanya.:mrgreen: (agak susah neh memahaminya, gua sendiri aja bingung dengan kalimat diatas)
  4. Yang pasti, banyak-banyaklah belajar ilmu ikhlas. Bener lho, ilmu ikhlas amat sangat bermanfaat. Mempelajarinya emang susah, namun sedikit saja kita menguasai ilmu ikhlas, segalanya nampak indah. Menurutku harusnya masa lalu dan keikhlasan itu berbanding lurus. Semakin lalu sebuah masa lalu, harusnya keikhlasan kita semakin tinggi. Am I right?? hihihi. Au ah… The point is masa lalu, sekarang, masa depan gak ada artinya tanpa keikhlasan. Untuk itu mari kita belajar ikhlas bersama-sama. Mari bu…
  5. Jadikan masa lalu sebagai guru, teacher, a trainer.. whatever. Biarkan masa lalu mengajari kita, bagaimana hidup itu kudu dijalani. Siapa tau nanti kita bisa jadi guru bagi orang lain.Β  Bukankah kita nanti juga hanya menjadi bagian dari suatu masa yang disebut masa lalu .πŸ™‚
  6. ….. tambahin sendiri. Gue dah pusing mikir ide lagi.πŸ˜†

Begitulah sodara-sodara, postingan gak menarik dan gak penting ini dibuat saat senja mulai beranjak. Saat langit mulai menampakkan kesenduannya, dan saat hati hanya sanggup bergumam lirih.

14 thoughts on “Bila Tak Mungkin Lari Dari Masa Lalu

    binsarhutabarat said:
    31 Juli 2008 pukul 5:33 pm

    ikut nimbrung ah. Masa lalu biar pahit sekalipun, itu penting untuk kita. Masa lalu akan menunjukan pada kita, mengapa kita ada pada hari ini. Dan masa lalu juga penting untuk menolong kita membuat proyeksi untuk apa yang kita akan kerjakan pada hari ini, untuk mencapi cita-cita yang kita impikan. Belajar dari masa lalu membuat kita bijak, namun maksimalkan itu dengan menciptakan impian agar kita bisa membuat proyeksi untuk menapakkan langkah-langkah kita kedepan.

    setuju bro.. you’re right. Kita gak akan bisa menjadi seperti ini tanpa sebuah masa lalu… (hihihi lama-lama, gue jadi semakin sok tua neh..)

    marshmallow said:
    31 Juli 2008 pukul 6:35 pm

    masa lalu untuk refleksi.
    hasilnya experiential learning a.k.a belajar dari pengalaman.
    sungguh bermanfaat.

    Johan said:
    31 Juli 2008 pukul 9:24 pm

    Memang betul banget. Masa lalu itu ndak akan bisa dilupakan. Sekeras apapun usaha kita utk tidak mengingatnya. Sebaiknya dipahami aja sebagai bagian dari perjalanan hidup kita.

    hanggadamai said:
    1 Agustus 2008 pukul 1:43 am

    makasih atas tipsnya

    Adieska said:
    1 Agustus 2008 pukul 6:11 am

    Setapakz… Aih… Sepakatz maksudnya. Tips yang simpel, sederhana dan yahuudπŸ˜€

    kakanda said:
    1 Agustus 2008 pukul 8:39 am

    kita tidak perlu belajar masa lalu,
    yang diperlukan adalah belajar “dari” masa laluπŸ™‚

    Okta Sihotang said:
    1 Agustus 2008 pukul 10:51 am

    kalau aku blh jujur, masa laluku aku buat sebagai batu loncatan buat masa depanku

    jingga said:
    1 Agustus 2008 pukul 11:28 am

    iklas ?
    itu yang saya masih mati2an belajar masπŸ™‚
    eh btw, met wikend ya..have a nice day

    kucingkeren said:
    1 Agustus 2008 pukul 2:32 pm

    let s live for present and future.

    natazya said:
    1 Agustus 2008 pukul 5:29 pm

    my past’s sucks…

    but really dont wanna run from it

    i’ll embrace it as a part of me
    πŸ™‚

    redesya said:
    1 Agustus 2008 pukul 8:27 pm

    Salam kenal, ya kita memang harus belajar dari masa lalu agar tidak jatuh dalam lubang yang sama tentunya…

    fisha17 said:
    2 Agustus 2008 pukul 9:36 pm

    @marshmallow
    Yeah.. that’s right

    @Johan
    Kadang memahami itu yang agak susahπŸ˜†

    @hanggadamai
    Thanks juga bro

    @Adieska πŸ˜† ajib ajib

    @kakanda
    Oh iya.. kurang ‘dari’-nyaπŸ˜†

    @Okta Sihotang
    Good Idea.. asal jangan sering2 loncat.πŸ˜€

    @jingga
    eh met weekend juga.. weekend kemana neh? boleh ngikut gak?πŸ˜†

    @kucingkeren
    Let’s go galz

    @natazya
    sucks??? what’s happen my dear??:mrgreen: *ditabok*

    @redesya
    Salam kenal juga… yap bener tuh. mending kita tutup aja lubangnya. biar gak berlubang lagi.

    wi3nd said:
    4 Agustus 2008 pukul 11:24 am

    masa lalu adalah bagian dari masa depan:)

    setitik bagian..πŸ˜€

    italina89 said:
    6 Agustus 2008 pukul 5:23 pm

    postingan ini penting koq bagi orang yang blom bisa menerima kenyataan di masa lalu..

    masa lalu tidak boleh dilupakan….
    kenanglah masa lalu yang baik…
    dan..
    jangan ulangi masa lalu yang buruk..

    iya… mungkin intinya tobat kali yah..??

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s