Mahalkah Biaya Pendidikan??

Posted on Updated on

Sepertinya biaya kuliah / pendidikan makin mahal yah. Buat para Ortu, monggo siap2. Buat temen2 yang mo kuliah, please jangan sia-siakan perjuangan Ortu. Buat Warga Kurang Mampu, jangan patah semangat. Tetap semangat yahh. Coba ajah liat daftar biaya kuliah dibawah ini.

(Dalam Rupiah)

Biaya Pendidikan di Unair
Program Studi
BOP
SP3
Pendidikan Dokter
6.000.000
100.000.000
Ilmu Keperawatan
4.000.000
7.500.000
Pendidikan Dokter Gigi
5.500.000
50.000.000
Farmasi
5.000.000
20.000.000
Kebidanan
6.500.000
10.000.000
Kedokteran Hewan
2.500.000
10.000.000
Budidaya Perairan
2.500.000
10.000.000

Biaya Pendidikan di ITS
Sumbangan Pengembangan Institusi (SPI) untuk Program S1
Jalur Masuk
Biaya
SNMPTN
2.500.000
PMDK Reguler
2.500.000
PMDK Prestasi
0
PMDK Berbeasiswa
Untuk Ekonomi Lemah
0
Biaya PMDK Kemitraan dan Mandiri
Matematika
35.000.000
Statistika
35.000.000
Fisika
30.000.000
Kimia
30.000.000
Biologi
30.000.000
Teknik Mesin
40.000.000
Teknik Elektro
40.000.000
Teknik Kimia
40.000.000
Teknik Industri
40.000.000
Teknik Fisika
30.000.000
Teknik Material & Metalurgi
30.000.000
Teknik Sipil
35.000.000
Arsitektur
35.000.000
Teknik Lingkungan
35.000.000
Teknik Geomatika
35.000.000
Perencanaan Wilayah & Kota
35.000.000
Teknik Perkapalan
30.000.000
Teknik sistem Perkapalan
30.000.000
Teknik Kelautan
30.000.000
Teknik Informatika
45.000.000
Sistem Informasi
45.000.000
  • Sumber: ITS & Unair seperti dicuplik dari Harian Seputar Indonesia
  • SP3 = Sumbangan Peningkatan & Pengembangan Pendidikan
  • SPI = Sumbangan Pengembangan Institusi
  • BOP = Biaya Operasional Pendidikan

Cukup merinding juga yah membaca angka2 diatas. Biaya2 itu bisa buat beli rumah type sederhana, atau bisa buat beli mobil Taft keluaran taon 2002, atau bisa buat ongkos naik haji. Buat para orang tua yang pengen naik haji tapi belum kesampaian karena buat biaya anak kuliah, sabar ya, sabar nggiih Bu. Pasti ada gantinya kok๐Ÿ™‚ . Insya Allah…..

Mungkin ada benarnya, INGIN PINTAR HARUS BAYAR MAHAL. (sindo 7/6/08 )

24 thoughts on “Mahalkah Biaya Pendidikan??

    sarahtidaksendiri said:
    8 Juni 2008 pukul 10:37 pm

    Mahalllll ammmaaatttt…………pantesan banyak bangsa Qta yg mau aja di bodoh2in..hbs mau jd pinter susah…nah yg udah pinter malah lain lagi…suka ngebodoh-bodohin…mmm๐Ÿ˜ฆ

    ๐Ÿ™‚ iya ya..

    hanggadamai said:
    9 Juni 2008 pukul 12:27 am

    keknya di ipb doang yg murah ya mas…
    spp ku aja cuma 750 sak semester

    wah murah yo… kalo ITS konon kabarnya SPP sih tetep. 1,250jt/semester. Mungkin temen2 ITS bisa klarifikasi.๐Ÿ˜†

    uwiuw said:
    9 Juni 2008 pukul 9:27 am

    ngak nyangka udah semahal itu yah sekarang…kalau mau dibandingkan dengan zaman dulu, biaya sebesar itu bisa bisa bukan seorang aja tapi satu kampung bisa pd kuliah…tapi itu dulu…sekarang…. ?#@>#$@ yah udah senyum lebar dan berdoa

    hihihi sekampung bro. iso ae.๐Ÿ˜†

    wennyaulia said:
    9 Juni 2008 pukul 11:26 am

    mahal donk
    duit segitu kalo dibeliin lotek ma siomay kesukaan saya udah dapet brapa porsi yak?๐Ÿ˜†

    wah bukan porsi lagi, mungkin dah bisa buka outlet siomay di mal2.๐Ÿ˜†

    BanNyu said:
    9 Juni 2008 pukul 11:55 am

    @ Wenny …
    Suka siomay juga ya? Kapan2 kita bikin sendiri yukkk [sok kenal ^_^]

    BanNyu said:
    9 Juni 2008 pukul 11:56 am

    Wahhh jadi inget nih, bulan depan kan bayar semesteran yah??
    Duhhh …

    kan dah kerja dewe. enak dong gak gantungin ke ortu.๐Ÿ˜†

    Bundanya V said:
    9 Juni 2008 pukul 2:24 pm

    ampuuunnnn deh….duit darimana segede itu….?

    yah bunda, biasanya anak kan bawa rejeki. siapa tau to?๐Ÿ˜€

    temennya V said:
    9 Juni 2008 pukul 4:30 pm

    untung gue dah lulus ITS๐Ÿ˜€

    oo almameter ITS to? sip sip

    temennya V said:
    9 Juni 2008 pukul 4:34 pm

    lupa ninggalin jejak๐Ÿ˜›

    kucingpemalu said:
    9 Juni 2008 pukul 6:00 pm

    satu bukti lagi bahwa di kala bangsa lain sedang melangkah maju ke depan, Indonesia malah melompat mundur ke belakang….

    iya yah, terus gimana dong?

    natazya said:
    9 Juni 2008 pukul 8:18 pm

    makanya sekalipun banyak anak banyak rejeki yah disesuaikan dikit lah ama keadaan… jangan banyak banyak… tar susah ngempaninnya repot sendiri deh :p

    hihihi yuuuk

    temukul said:
    10 Juni 2008 pukul 12:58 pm

    Mahal atau tidak, tak pikir hanya masalah pembanding. Dan yang penting adalah masalah kemampuan. Walau 100 rb tapi klo kita ndak mampu udah masuk dalam kategori mahal. Jadi…. mari kita bangkit untuk jadi orang yang mampu. Huehehehe

    yuuuuk mariiii๐Ÿ˜†

    tc said:
    10 Juni 2008 pukul 5:26 pm

    ya oloh..gimana lagi 10 taon yang akan dateng yaa??
    musti siap2 asuransi pendidikan dari sekarang nieh๐Ÿ˜ฆ

    walahhh, siapa tau 10 taon lagi, sekolah bener2 gratis.๐Ÿ˜†

    realylife said:
    10 Juni 2008 pukul 5:44 pm

    mahal banget mas , makanya bikin acara kopdar. maaf juga nech saya dah lama ngga mampir , maklum lagi nyiapin acara kopdar kemaren
    silahkan liat laporannya di postingan terbaru
    makasih

    iyo, kemarin2 dah mampir, tapi gak kasih koment.:mrgreen: sukses nok kopdare…

    vei said:
    11 Juni 2008 pukul 1:04 am

    ya klo bisa sih dari pemerintah gratisin aja skolah..

    yah itu, mungkin duitnya kesedot buat subsidi, atau mungkin dah kesedot para koruptor๐Ÿ˜†

    Zulmasri said:
    11 Juni 2008 pukul 5:25 am

    wah mahal…
    tahun 1990 dulu biaya kuliah saya rp150.000,00 per semester

    wah dimana tuh Pak?

    kidungjingga said:
    11 Juni 2008 pukul 8:11 am

    Biaya pendidikannya udh semahal itu yah? palagi ditambah kostan, makan, fotocopy, beli buku, warnet, nyogok dosen biar dapat A, oleh-oleh buat anak kostan kalo abis mudik, biaya ngapelin ce-nya (buat para co)…. ck..ck..ck…

    eh cewek kadang mbayarin cowok juga loh.๐Ÿ˜† pas cowoknya lagi cekak.. Kayake kebanyakan cekaknya deh

    marshmallow said:
    11 Juni 2008 pukul 9:03 am

    wah, mahal banget. untuk yang fk itu, 6jt itu program reguler, fish? kayaknya mahal banget deh. di usu masih 2jt per tahun.
    tapi dibandingkan negara-negara lain, katanya uang spp di indonesia adalah yang termurah di dunia lho. masalahnya mereka pakai bantuan pemerintah, jadi biar mahal ada subsidi yang besar. kalau di kita, berapa subsidi pendidikan coba? paling miris.

    aku juga kurang paham betapa melangitnya biaya kuliah. Apa butuh sponsor ajah ya? jadi tiap ruang kelas dipasangin papan dari sponsor..๐Ÿ˜† *ide yang konyol*

    zoel chaniago said:
    11 Juni 2008 pukul 10:23 am

    wehhhh jutaan,,,

    iye bro, TK aja dah jutaan sekarang๐Ÿ˜ฆ

    ratutebu said:
    11 Juni 2008 pukul 12:42 pm

    wehhhh.. sekarang jadi mahal gitu ya.. jaman anakku nanti berapa bayarnyahhh yaaa?? ^sebaiknya menunda menikah atau mempercepat???^๐Ÿ˜ณ

    yeeee nikah aja belon, dah mikirin sekloah anak.๐Ÿ˜† cepetan nikah dulu non. cepet gihh

    kucingkeren said:
    11 Juni 2008 pukul 7:47 pm

    sekarang gak ada yg murah…

    iya, business is business๐Ÿ˜†

    Kania said:
    12 Juni 2008 pukul 9:39 am

    wakss!!! gimana biaya pas anak2 gue gede ntar yah???!!! giling, kl gak nabung dr sekarang bisa jual ginjal deh gue T_T;

    waduh, jangan jual2 ginjal tante, mending jual Sate atau Soto rempelo ajah.๐Ÿ˜†

    amaliasolicha said:
    13 Juni 2008 pukul 4:46 pm

    beasiswanya juga ada banyaaak ga ya??

    nah itu, aku yang gak tau๐Ÿ˜†

    jowis said:
    3 September 2008 pukul 3:58 pm

    mau tanya kalo teknik sistem perkapalan di its per smesternya brapa yaaaa??????

    waduh.. sorry. kalo tanya gituan, langsung aja ke kampusnya.๐Ÿ™‚ maaf ya..

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s