Misteri Shalat Subuh

Hmmm… di taon yg baru ini, sebuah catatan penting yg pertama kali kudu aku tulis disini. Sebuah tegoran yg menghentakkan seluruh urat nadiku. Bahkan mungkin tanpa tersadari udah memenjarakanku puluhan tahun. Tulisan ini diintisarikan dari buku Misteri Shalat Subuh karangan Dr. Raghib As-Sinjani Penerbit Aqwam. Bukunya bagus, kapan2 coba deh temen2 baca.. siip. Anyway .. thanks to Allah and everyone who always care ’bout me, and bang abdi yang dah ngetik :D.

MISTERI SHALAT SUBUH

“Pernah, salah seorang Yahudi, menyatakan bahwa mereka tidak takut dengan orang Islam kecuali pada satu hal. Ialah bila jumlah jamaah shalat Subuh mneyamai jumlah jamaah shalat Jum¡’at.¨

***

Sore itu, ia berdiri berceramah. Bicaranya berapi-api tentang mimpinya selama ini, yakni tegaknya agama Allah di muka bumi. Ia begitu bersemangat menguraikan cita-citanya untuk menyaksikan syariat Allah memimpin peradaban di seluruh alam semesta. Dia bertanya kepada hadirin :
- Mengapa umat Islam mengalami kemunduran ?
- Mengapa mereka mengikuti konsep hidup umat lain ?
- Mengapa mereka merendahkan nilai agama mereka sendiri ?
- Mengapa mereka menjadikan musuh-musuh Islam sebagai pemimpin ?
- Mengapa ?…..Mengapa ?

Puluhan pertanyaan semisal terlontar dalam ceramahnya dengan sangat memukau. Ia melemparkan beban berat itu di atas pundak para hadirin yang mengikuti ceramahnya. Lalu ia memaparkan pandangannya dengan panjang lebar, seperti memberi dogma. Kemudian setelah mengemukakan solusi dan kesimpulan, ia mengakhiri ceramahnya.
Selang sehari setelah itu, saya mencari sang penceramah itu di antara shaf-shaf jamaah shalat Subuh. Heran, saya tidak melihatnya. Saya bergumam dalam hati, ¡§Mungkin penceramah itu berhalangan atau ada urusan mendadak.¡¨ Saya pun beranjak pulang.
Hari berikutnya, di waktu yang sama, saya mencoba mencarinya kembali di antara deretan shaf-shaf jamaah shalat Subuh, dengan harapan bisa menemukannya di sana. Namun, saya kembali kecewa. Lagi-lagi saya tidak menemukannya di antara shaf-shaf jamaah shalat Subuh. Saya mulai khawatir, aduhai apa yang tejadi padanya. Ingin rasanya saya mengetahui kabarnya. Saya khawatir, jangan-jangan ia ditimpa musibah.
Saya putuskan untuk mencari tahu di mana penceramah itu. Hingga pada suatu kesempatan dapat bertemu dengannya. Lalu saya bertanya : Apa yang terjadi ? Mudah-mudahan yang menghalangi Anda adalah sesuatu yang baik. Saya kehilangan Anda di waktu shalat Subuh.
Dengan ringan ia menjawab tanpa rasa malu.
“Maafkan saya. Semoga Allah mengampuni saya dan mengampuni Anda. Kondisi saya sangat sulit. Pagi-pagi saya sudah mulai kerja, sementara saya tidur agak terlambat. Dan Allah Maha Pengampun lagi Maha Penyayang.”
Saya terdiam dan bingung mendengar jawabannya. Benar-benar saya bingung. Saya bertanya dalam hati, “Bagaimana mungkin agama Allah akan kokoh berdiri di atas muka bumi ini di tangan orang-orang yang melalaikan kewajibannya kepada Allah?”
Hati saya bergejolak, jiwa terasa sempit, dan tenggorokan terasa tersumbat. Saya memohon kepada Allah untuk memberikan petunjuk-Nya pada saya, juga kepadanya, dan bagi seluruh umat Islam. Saya juga memohon kepada-Nya kejayaan dan kekohan agama ini. Sungguh, Dia Maha Kuasa atas yang demikian.

Tahukah Anda Allah berfirman dalam kitabNya
“Apakah manusia itu mengira bahwa mereka dibiarkan (saja) mengatakan: “Kami telah berfirman¨, sedang mereka tidak diuji lagi? Dan sesungguhnya kami telah menguji orang-orang sebelum mereka, maka sesungguhnya Allah mengetahui orang-orang yang benar dan sesungguhnya Dia mengetahui orang-orang yang dusta.” (Al-Ankabut: 1-3)

Tahukah Anda Rasulullah bersabda
“Sesungguhnya shalat yang paling berat bagi orang munafik adalah shalat Isya’ dan shalat Subuh. Sekiranya mereka mengetahui apa yang terkandung di dalamnya, niscaya mereka akan mendatangi keduanya dengan merangkak. Sungguh, aku ingin menyuruh melaksanakan shalat, lalu shalat itu ditegakkan, kemudian aku perintahkan orang lain untuk shalat bersama dengan orang-orang. Kemudian beberapa lelaki berangkat bersamaku dengan membawa kayu yang terikat, mendatangi suatu kaum yang tidak menghadiri shalat berjamaah, sehingga aku bakar rumah mereka.” (HR Al-Bukhari dan Muslim).

Dan tahukah kalian bahwa Rasulullah bersabda:
“Jangalah kalian meninggalkan shalat secara sengaja. Barangsiapa yang telah meninggalkan shalat secara sengaja, maka Allah dan Rasul-Nya telah lepas tanggungan darinya.” (HR Ahmad).

Dan tahukah kalian bahwa Rasulullah bersabda:
“Amal yang paling dicintai Allah Ta’ala adalah shalat (tepat) pada waktunya.”

Mari SUKSESKAN GERAKAN SUBUH MASSAL !!!!!
TIPS MEnjaga Shalat Subuh
1. Ikhlaskan niat hanya karena Allah, dan berikanlah hak-hakNya.
2. Bertekad dan Introspeksilah diri Anda setiap hari.
3. Bertaubat dari dosa-dosa dan berniatlah untuk tidak mengulangi kembali.
4. Perbanyaklah membaca doa agar Allah memberi kesempatan untuk shalat Subuh.
5. Carilah kawan yang baik.
6. Latihlah untuk tidur dengan cara yang diajarkan Rasulullah.
7. ( tidur awal, berwudhu sebelum tidur, miring kekanan, berdoa.)
8. Sampaikan pada orang lain akan gaya hidup Anda yang baru.
9. Menyedikitkan makan sebelum tidur serta jauhilah teh dan kopi pada malam hari.
10. Tulis pegingat shalat Subuh dan gantunglah di atas dinding.
11. Bantulah dengan tiga bel (jam weker, telepon, bel pintu).
12. Ajaklah orang lain untuk shalat Subuh dan mulailah dari keluarga Anda.

About these ads
By fisha17 Posted in Moslem

9 comments on “Misteri Shalat Subuh

  1. Assalaamualaikum wr wb..
    Kenapa???
    Karena ada satu amalan Rasulullah yang ditinggalkan ….”Amalan Dakwah”
    Dengan Amalan Dakwah, IMAN seseorang akan menjadi NAIK, dengan IMAN yang kuat maka semua AMAL AGAMA lainnya menjadi mudah.
    Bagaimana cara mengusahakan IMAN?
    ……………
    to be continued

  2. Cobalah untuk sedikit berkorban untuk sebentar menanggalkan selimut di pagi menjelang tiba waktu sholat subuh, kemudian bergegaslah menuju kamar mandi untuk membersihkan badan kemudian bersegeralah menuju masjid atau mushola, kemudian ru^kulah bersama orang-orang yang ru^ku

    semoga ALLOH swt senantiasa Ridlo dengan setiap usaha menuju jalannya, Aamien…..

  3. Bergegaslah tinggalkan bantal, guling dan selimut yang menghangatkanmu untuk segera berwudlu, sebaik hamba adalah hamba yang apabila mendengar adzan akan bergegas melaksanakan sholat. question ????….. apakah kita termasuk didalamnya ????? …
    bermuhasabah lah …. dari diri kita sendiri, sanggup ????????

  4. Subhanallah, lailaha illallah!!!! Mari Saudaraku, kita tinggalkan bujuk rayu setan laknatullah dengan berlindung kepada Allah SWT. Bangkitlah kalian dari ranjang kalian, sekalipun itu sulit! Sungguh, kalian tidak akan rugi bila kalian segera menuju panggilan Allah untuk salat bila Allah perdengarkan kalian panggilan azan.sekali lagi Saudaraku, mari kita segera menuju padaNya!! Sangupkah Anda? Semoga kita termasuk golongan orang-orang yang mendapat syafaatNya di akhirat kelak.

  5. Tunggu apa lagi? cukuplah kiranya buku “Misteri Sholat Subuh” dan intisarinya ini menyadarkan kita untuk menjalankan dan mencontoh Sunnah baginda tercinta kita yang amat mencintai kita.

  6. Terima kasih atas pencerahannya, tp mohon maaf dalam tulisan ini ada satu paragraf yg agak sulit sy mengerti :
    Tahukah Anda Allah berfirman dalam kitabNya
    “Apakah manusia itu mengira bahwa mereka dibiarkan (saja) mengatakan: “Kami telah berfirman¨, sedang mereka tidak diuji lagi? Dan sesungguhnya kami telah menguji orang-orang sebelum mereka, maka sesungguhnya Allah mengetahui orang-orang yang benar dan sesungguhnya Dia mengetahui orang-orang yang dusta.” (Al-Ankabut: 1-3)

    Apakah tulisan yg benar bukan seperti ini:
    “Apakah manusia itu mengira bahwa mereka dibiarkan (saja) mengatakan: “Kami telah beriman¨,
    sedang mereka tidak diuji lagi? Dan sesungguhnya kami telah menguji orang-orang sebelum mereka, maka sesungguhnya Allah mengetahui orang-orang yang benar dan sesungguhnya Dia mengetahui orang-orang yang dusta.” (Al-Ankabut: 1-3)

    Trimakasih atas jawabannya.

  7. alhamdulillah ya Allah setelah saya membaca hikmah fadilah sholat subuh, agar engkau ya Robb membukakan pintu hati hamba untuk bisa mengerjakan sholat setiap waktu berjamaah dan di awal waktu, agar hamba mendapatkan safaatMu ya Allah d yaumilmahsar amin..

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s