AWAL BURUK

Posted on Updated on

MADRID – Apa yang kurang dari Real Madrid? Musim ini, manajemen El Real serius untuk mengakhiri paceklik gelar. Pelatih hebat sekelas Fabio Capello pun diboyongnya. Dana sekitar 63 juta euro (Rp 766 miliar) dikeluarkan untuk belanja sederet pemain bintang seperti Ruud van Nistelrooy, Emerson, Fabio Cannavaro, dan Mahamadou Diarra.

Tapi, pembenahan itu belum menampakkan hasil yang signifikan. Itu bisa dilihat pada laga perdana Real menjamu Villarreal di Santiago Bernabeu dini hari kemarin WIB. Turun dengan empat amunisi baru, Real hanya mampu bermain imbang tanpa gol. Pendukung fanatik Real Madridistas kecewa berat dengan hasil buruk yang dipetik tim kesayangannya itu.

Kekecewaan itu dilampiaskan lewat siulan dan teriakan bernada ejekan buat pasukan Capello. Suporter makin gerah melihat penampilan Raul dkk yang kurang greget dan cenderung membosankan. Sepanjang pertandingan, Real hanya mampu melepaskan tendangan mengarah ke gawang Villarreal yang dikawal Sebastian Viera.

Padahal, Real menurunkan tiga penyerang sekaligus, Raul, Nistelrooy, dan Antonio Cassano. Masuknya Guti menggantikan Cassano di awal babak kedua, serta Robinho yang menggantikan David Beckham, tetap tak mampu mendongkrak permainan Real. “Kami memang perlu menganalisa hasil laga ini. Tapi, sebetulnya di babak pertama kami telah melakukan apa yang kami inginkan,” cetus Michael Salgado, bek sayap Real kepada Harian As.

Emerson menambahkan bahwa permainan Villarreal sangat solid. “Kami menciptakan beberapa peluang. Idealnya, kami memang harus menang. Sayang, kami tak mampu mendapatkannya. Saya juga menyadari jika suporter menuntut kami untuk menang.”

Kubu Villarreal mengaku puas dengan hasil seri dalam lawatannya ke Santiago Bernabeu itu. Meski belum bisa mengakhiri rekor tak pernah menang di kandang Real sejak 1998, tapi Manuel Pellegrini, arsitek Villarreal, menilai laga perdana itu merupakan awal yang positif. “Kami mendapatkan poin di kandang Real pada laga perdana. Ini hasil yang cukup positif,” tutur Pellegrini.

Pellegrini menilai kedua tim memang layak untuk memperoleh hasil seri. Namun, melihat banyaknya peluang yang diperoleh Juan Roman Riquelme dkk, mestinya Villarreal bisa memperoleh hasil yang lebih baik. Pellegrini memuji penampilan kiper Real, Iker Casillas, yang berhasil mematahkan sejumlah peluang Villarreal. “Casillas harus bekerja keras. Tampaknya, dia harus lebih kerja keras lagi di laga selanjutnya,”ujarnya.

Pellegrini belum bisa membuat perbandingan skuad Real musim ini dan musim sebelumnya. Namun, pelatih asal Cile itu, melihat barisan pertahanan Real lebih solid dengan hadirnya Fabio Cannavaro dan Emerson. “Sangat sulit untuk membuat evaluasi. Real baru melakoni satu pertandingan. Hasil ini tak bisa dijadikan ukuran untuk laga sepanjang musim,” timpalnya. (bas-jawapos)

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s